lembaran catatan "perjalanan"

Saturday, May 8, 2010

Kekurangan Asam lemak Omega-3 Berhubungan dengan Ketidaksuburan Pria


bismillaah....
berikut ini adalah artikel singkat dari sebuah jurnal penelitian yang telah saya terjemahkan dan dengan beberapa keterangan tambahan. Semoga bermanfaat.


Berdasarkan penemuan terbaru, asam lemak omega-3 sangat baik tidak hanya untuk kesehatan jantung dan otak. Yang menghebohkan, nutrisi ini berpengaruh terhadap infertilitas atau ketidaksuburan laki-laki. Bagaimana alur ilmiyyahnya? Simak artikel terjemahan berikut ini!


Suplemen dari asam lemak DHA omega-3 (asam docosahexaenoic) ditemukan berlawanan dengan abnormalitas sperma tikus yang berpengaruh pada ketidaksuburan.

STUDY DETAILS:
Peneliti dari Universitas Illinois mempelajari tikus yang tidak memiliki gen yang menghasilkan asam lemak DHA. Tikus ini ditemukan memiliki sperma lebih sedikit dan beberapa kelainan dalam sperma mereka, namun pada tikus yang diberi DHA yang terjadi adalah sebaliknya.

Kepala penelitian menuturkan, “Dalam penelitian kami, kami menggunakan tikus yang tidak memiliki atau kekurangan gen pembentuk asam docosahexaenoic (DHA). Dengan tidak adanya DHA, mencit jantan pada dasarnya tidak subur, menghasilkan sperma dengan kelainan bentuk dan tidak tahu arah kemana mereka (sperma) harus bergerak. "

"Kami melihat jumlah sperma, bentuk, dan motilitas serta menguji tingkat keberhasilan perkembangbiakan, dan tikus yang kekurangan DHA tidak dapat berkembang biak." Pada tikus yang kekurangan DHA, jumlah spermanya sangat rendah. Sperma yang dihasilkan tidak bulat memanjang dan tidak memiliki pergerakan yang baik. Namun saat DHA menjadi bagian dalam diet (makan), kesuburan benar-benar terpulihkan. "Ini sangat mengejutkan. Ketika kami memberi makan tikus dengan DHA, semua abnormalitas dapat dicegah," katanya.

Ini adalah kali pertama pembuktian secara langsung tentang pentingnya DHA untuk kesuburan pria, walaupun beberapa studi telah menyarankan bahwa pasien kesuburan pria dengan jumlah sperma rendah dan kurangnya pergerakan sperma, cenderung memiliki asam lemak dengan tingkat yang rendah.

Sebuah studi dari Iran awal tahun ini melaporkan adanya hubungan antara asam lemak omega-3 dan kualitas sperma dan kesuburan. Mereka menemukan bahwa pria yang tidak subur memiliki tingkat asam lemak omega-3 yang lebih rendah dalam sperma mereka daripada laki-laki subur. Penelitian ini melibatkan 150 pria dan telah dipublikasikan dalam jurnal Clinical Nutrition (Februari 2010, Vol. 29, hal 100-105).

"Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian harus dilakukan untuk menilai potensi manfaat suplementasi asam lemak omega-3 sebagai pendekatan terapeutik pada pria subur," tulis para peneliti.

"Sepengetahuan kami, ini adalah studi pertama yang mengevaluasi hubungan omega-3 dan asam lemak omega-6 pada kualitas semen (cairan sperma), dan plasma kapasitas anti oksidan plasma seminal pada laki-laki yang tidak subur dan laki-laki yang subur," tambah mereka.

Temuan secara biologis memang masuk akal, catatan para peneliti Iran dengan DHA misalnya, yang merupakan bagian dari membran sperma.


LEMAK OMEGA-3 UNTUK KESEHATAN YANG LEBIH BAIK
Temuan ini menambahkan manfaat “kesuburan” dalam daftar panjang potensi manfaat asam lemak omega-3, selain meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat sistem kekebalan dan melawan kanker. Otak juga sangat tergantung pada DHA. DHA dengan jumlah yang rendah, berhubungan dengan depresi, skizofrenia, kehilangan memori, dan risiko yang lebih tinggi untuk memperberat Alzheimer.

Minyak ikan, minyak hati ikan cod dan minyak krill merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Ikan berminyak seperti salmon, makarel, sarden dan herring juga menyediakan sumber gizi yang baik ini (asam lemak omega-3). Demikian juga biji-bijian seperti flax, labu, chia, hemp yang belum diolah, serta minyak mentah dari biji.



Research Paper Details:

M. Roqueta-Rivera, C.K. Stroud, W.M. Haschek, et al. Docosahexaenoic acid supplementation fully restores fertility and spermatogenesis in male delta-6 desaturase-null mice. Journal of Lipid Research Vol 51, Pages 360-367.

dari: http://www.healthymuslim.com/articles/sqknn-lack-of-omega-3-fatty-acids-linked-to-male-infertility.cfm

2 comments:

  1. thanks sister... so useful and helpful...
    btw, those kind of fish come from the sub-tropical region... how about the local one? and what kind of vegetable from our site that are contain the DHA Omega-3? thanks again...

    ReplyDelete
  2. Abu yusuf pada 19 Mei 2010 12:57:
    thanks sister... so useful and helpful...
    btw, those kind of fish come from the sub-tropical region... how about the local one? and what kind of vegetable from our site that are contain the DHA Omega-3? thanks again...

    me:
    u're welcome ^^
    okay, next:
    The food sources of omega 3 that we need to know, and available in local markets:

    1. Species of fish.
    Fish rich in omega-3 but low in omega-6. This fish is the best source of omega-3 you can choose. Among fish, salmon, tuna, mackerel fish.

    2. Crustaceans.
    Shrimp, clams, and crabs are also rich in omega-3 and makes you will not be dominated by omega-6.

    3. Nuts and seeds.
    Some types of peas is a better choice than other types of nuts. its balancing omega-3 levels in our body.

    4. Vegetables.
    Spinach is rich in omega-3. Consumption of spinach is very good, as well as green vegetables are rich in iron. Spinach is also rich in omega 3 ^^
    beside spinach, omega 3 is also widely available in pumpkin and broccoli.

    5. Fruits.
    many fruits also contain omega 3, such as fruit pumpkin, papaya.

    Omega 3 is useful as maintaining heart health, overcome pain, to help streamline your body, brain health, prevent cancer. Actually there are many more benefits of omega 3. that only some of which I quoted from various sources ^^v

    Hopefully useful.

    ReplyDelete

silakan ukir catatan perjalanan Anda disini ^^